5 Fakta Unik Tentang Google yang Belum Kalian Ketahui (PART 1)

Share:

5 Fakta Unik Tentang Google yang Belum Kalian Ketahui (PART 1) - Google merupakan salah satu perusahaan raksasa teknologi yang bermarkas di Amerika Serikat. Perusahaan yang terkenal dengan berbagai produk seperti search engine, Google Glass, Google Chrome, dan masih banyak lagi ini memang sangat populer.



Namun, di balik kesuksesan perusahaan raksasa teknologi yang satu ini, ternyata ada sejumlah fakta yang ternyata belum begitu banyak diketahui oleh orang lain, baik itu seputar sejarah Google maupun tentang hal-hal apa saja yang ada di dalam kantor perusahaan Google itu sendiri.

# 1. Server Pertama Google Terbuat Dari LEGO


Meskipun Google terkenal dengan kecanggihan teknologinya, ternyata dibalik itu wujud asli server pertama milik google adalah LEGO.Ternyata ketika pendiri Google Larry Page dan Sergey Bin hendak menyusun server buatan mereka untuk melakukan pengujian, mereka terpaksa menyusun hard drive dengan tumpukan mainan LEGO yang dibentuk seperti sebuah lemari.

Alasan penggunaan LEGO ini karena dianggap lebih murah daripada bahan lain. LEGO juga lebih mudah dibongkar ketika mereka membutuhkan tambahan hard drive lain.

# 2. Mempekerjakan Domba


Selain mempekerjakan para ahli dan maniak teknologi dari seluruh dunia, ternyata Google juga mempekerjakan hewan yaitu domba. Google memang sengaja mempekerjakan kawanan domba untuk memakan rumput-rumput di kawasan kantor Google.

Para domba ini disewa melalui perusahaan bernama Califofrnia Grazing. Menurut pihak Google, keberadaan kawanan domba tersebut dapat membuat tanah dikawasan kantor Google lebih subur dan dianggap lebih efisien dibandingkan mesin pemotong rumput.

# 3. Situs “Kaca” Milik Google?


Apabila Anda mengetikkan kata Google Mirror dipencarian google, maka akan muncul situs bernama “elgoog.im”, berasa aneh coba balik kata tersebut, benar. Alamat tersebut adalah alamat Google jika dibalik, situs ini menampilkan halaman pencarian google dalam keadaan benar-benar dibalik.

Meskipun begitu halaman ini bukan berasal dari pihak Google sendiri melainkan dibuat oleh penggemar Google, sebagai bentuk apresiasi terhadap Google. Meskipun begitu anda tetap bisa menjelah di situs ini tetapi dalam keadaan Terbalik

# 4. Doodle pertama Google.

Pada tahun 1998, Google Doddle pertama muncul. Pada saat itu Brin dan Page pendiri Google akan pergi berkunjung ke festival bernama Burning Man sehingga tidak bisa mengurusi Google.

Untuk memberikan pesan kepada pengguna Google bahwa mereka sedang berada di luar kantor, mereka pun mendesain Google Dooddle dengan gambar 'Burning Man' sehingga mereka berharap para pengguna Google dapat memaklumi jika tidak terjadi masalah teknis, misalnya jika ada crash tertentu di Google.

# 5. Pendiri Google Tidak Menguasai “HTML”?

Siapa sangka bahwa pendiri Google Page dan Brin pada saat mengembangkan Google tidak menguasai HTML, hal ini terbukti pada saat pertama kali situs Google beroperasi, bukannya memiliki fitur lengkap seperti facebook tetapi hanya memiliki tampilan sederhana dan bersih.

Saking sederhananya mereka sampai tidak memasukkan tombol pencarian dalam halaman muka Google, tetapi hal ini dikarenakan Page dan Brin menginginkan situs dengan antarmuka yang ringkas, karena itu pencarian melalui Google dibuat sederhana dengan pengguna cukup menekan tombol enter setelah memasukkan kata kunci pencarian tanpa menekan tombol pencarian.

No comments

- Tinggalkan komentar anda. Komentar anda sangat berarti untuk perkembangan website kami.

- Jika komentar anda tidak segera saya jawab berarti saya dalam keadaan tidak online atau ada masalah dengan blog saya.